Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2019

Tips Terbaik Merawat Mobil Baru Biar Awet


Tips Terbaik Merawat Mobil Baru Biar Awet

Saat ini banyak produsen mobil di Indonesia yang berhasil menghadirkan mobil berkualitas dan sesuai selera konsumen. Salah satunya Mobil Yaris yang sejak awal kemunculannya dan sampai saat ini berhasil mencuri hati para konsumen berkat segala fitur unggulnya. Perkembangan gaya hidup masyarakat Indonesia dibidang otomotif memang semakin pesat. Banya orang yang ingin memiliki mobil sebagai kebutuhan transportasi utama atau hanya sebagai kebutuhan lainnya.

Namun yang perlu diketahui, membeli mobil bukan hanya perkara hanya membeli bahan bakar saja agar mobil bisa terus melaju di aspal, tetapi dalam hal ini Anda pun harus bisa merawat mobil Anda agar tetap memiliki kondisi mesin yang prima. Pernahkah Anda bayangkan jika Anda membeli mobil baru, tetapi Anda tidak merawatnya dengan benar? Maka, yang akan terjadi mobil baru Anda akan cepat rusak.

Bagi para pemula, tentunya akan merasa bingung bagaimana cara merawat mobil Anda tersebut. Untuk itu kami akan berikan cara merawat mobil untuk pemula, agar mobil Anda bisa terus prima dan tidak mengadat ketika digunakan. Berikut caranya:

Cek Oli Mesin
Rajin untuk memeriksa kondisi oli mesin. Setidaknya Anda perlu mengeceknya sebulan sekali. jika ada kebocoran oli, Anda harus segera mencoba mengatasinya. Oli memainkan peran penting dalam menjaga kinerja mesin Anda. Selain melumasi mesin, oli juga berguna untuk meminimalkan panas yang dihasilkan oleh mesin. Karena keberadaan oli sangat penting, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Jangan sampai Anda kehabisan oli.

Periksa Tekanan Udara Ban
Setidaknya tiap bulan sekali atau ketika hendak melakukan perjalanan jauh, Anda perlu melakukan pemeriksaan tekanan ban. Bukan hanya ban yang sedang dipakai, tapi juga ban cadangan.

Agar akurasinya tepat, Anda perlu melakukan pengecekan tekanan ban ini saat kondisi ban masih dingin atau mobil baru saja dikemudikan. Gunakan ukuran tekanan ban sesuai standar dari pabrikan. Biasanya di buku pedoman pemilik kendaran atau di bagian tertentu pada mobil, terdapat keterangan standar tekanan ban mobil yang ideal.

Cuci dan Bersihkan Mobil
Bagi pemilik mobil baru, hal ini pasti tak akan ketinggalan. Mobil akan sering dicuci. Selain mencuci sendiri, kita juga bisa membawa mobil ini ke tempat cuci mobil terdekat. Fungsinya untuk menghilangkan debu maupun garam yang menempel di body kendaraan. Selain mencuci, juga perlu untuk membersihkannya secara berkala. Terutama pada bagian dalam (interior) mobil agar kondisi mobil selalu nyaman untuk digunakan.

Service mobil berkala
Cara selanjutnya merawat mobil baru adalah mengikuti jadwal perawatan. Untuk mobil baru, jadwal biasanya ditunjukkan dalam panduan. Service secara berkala bertujuan untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan. Oli, mesin, dan semua bagian akan diperiksa. Dealer akan memberi Anda jadwal Anda tepat waktu. Tujuannya agar mesin tetap bersih.

Gunakan mobil secara wajar dan jangan berlebihan
Agar performa mobil Anda tetap stabil dan unggul, disarankan untuk menggunakannya dengan cara yang masuk akal, misalnya dengan menggunakan transmisi tergantung pada kecepatan. Jika kecepatan rendah, gunakan kecepatan lambat dan sebaliknya. Selain itu, jauhkan dari pengereman mendadak, karena selain merusak kampas rem, kerusakan lain dapat mencegah mobil Anda terus bergerak di jalan.

Penggunaan bahan bakar
Dalam perawatan mobil baru, penggunaan bahan bakar memiliki pengaruh besar. Karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat dapat merusak mesin mobil Anda. Secara tidak langsung, performa mobil Anda tidak akan optimal. Oleh karena itu disarankan untuk membeli bahan bakar di SPBU.

0 komentar:

Posting Komentar