Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2019

Tips-tips Memilih Vape Biar Nggak Nyesel Belakangan


Tips-tips Memilih Vape Biar Nggak Nyesel Belakangan
sumber : orami.com
Vape, vapor, rokok elektrik, e-cigarette, atau apapun kamu menyebutnya sebenarnya merujuk pada hal yang sama. Yups, kini tren menghisap vape mewabah di mana-mana. Rokok vape kini bersaing ketat dengan rokok tembakau tradisional. Vape adalah barang legal seperti rokok. Bahkan, penerimaan cukai dari penjualan e-liquid juga sangat tinggi lho meski vape baru ngetren beberapa tahun belakangan.

Banyak orang melirik vape karena berbagai alasan, misalnya karena ingin berhenti merokok tembakau. Meski pro-kontra masalah kesehatan seputar vape masih memanas sampai saat ini. Bagaimana pun juga vape dirasa masih ‘sedikit’ lebih sehat jika dibandingkan rokok tembakau yang jelas-jelas mengandung banyak zat aditif berbahaya seperti nikotin dan tar.

Vape kadang juga dilirik karena terlihat lebih keren, punya banyak sekali rasa dan aroma, serta relatif tidak mengganggu seperti aroma rokok tembakau yang menyebalkan. Nah bagi kamu yang ingin ngevape untuk pertama kalinya, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu.

Atur budget

Atur budget
sumber : hipwee.com
Sebelum menyesal membeli vape berharga mahal tapi nggak cocok, lebih baik sesuaikan sejak awal berapa budget yang ingin kamu gelontorkan untuk membeli alat vape pertama bersama liquidnya. Rokok biasa memang harganya cuma 10-20 ribuan, sementara alat vape jauh lebih mahal, mulai dari 200 ribuan sampai 2 jutaan dan bahkan lebih. Tapi kamu hanya perlu membelinya sekali. Selebihnya, kamu hanya perlu membeli cairan atau liquidnya saja sesuai selera. Jadi, atur budget sejak awal!

Kenali perangkat vape

Kenali perangkat vape
sumber : replubika.co.id
Vape tak sesederhana batang rokok biasa yang hanya berisi tembakau dan cengkeh. Sebagai alat elektrik, vape punya beberapa perangkat yang harus kamu kenali agar bisa menggunakanya dengan benar. Secara garis besar vape ada dua jenis, yaitu box mod (mechanical) dan electrical mod. Vape jenis box mod memakai RDA (Rebuiltable Deck Automizer), sedangkan electrical mod menggunakan RTA (Rebuiltable Tank Automizer).

Perbedaannya terletak pada cara pemakaiannya. Untuk vape box mod atau vape mekanik, kamu harus rajin membuat coil dan memasukkan kapasnya, setelah itu kamu bisa meneteskan cairan vape atau liquid sesuai selera. Sedangkan electrical mod punya semacam tabung yang bisa menampung beberapa ml liquid, sehingga kamu tak perlu sering-sering mengisi ulang cairan.

Pilihlah yang kamu suka. Konon, vape box mod dengan RDA lebih disukai karena liquidnya jadi lebih terasa dan asapnya lebih kuat.

Pilih vapor yang bagus tapi terjangkau

Pilih vapor yang bagus tapi terjangkau
sumber : merdeka.com
Setelah paham bagian-bagian dari vape, saatnya hunting. Kamu bisa mencarinya di toko-toko vape atau berbelanja online. Pilihlah vapor yang devicenya sesuai keinginanmu, lalu pilih merknya. Banyak vapers yang memilih “Paket Siap Ngebul” di toko-toko online. Salah satu merk yang paling laris adalah Wismec Predator.

Vape Wismec Predator 228 watt kit RDA dijual lengkap dengan kisaran harga 1,5 jutaan. Paket tersebut berisi mod asli, atomizer RDA dari berbagai jenis (bisa pilih salah satu), baterai, changer dual slot, liquid 60ml aneka rasa (pilih salah satu), kapas organik, dan coil. Paket vape Wismec Predator sangat praktis untuk pemula yang minim pengalaman ngevape.

Pilih liquid sesuai selera

Pilih liquid sesuai selera
sumber : kordanews.com
Vape hadir dengan berbagai rasa liquid, dari buah-buahan seperti stroberi dan mangga sampai cokelat, jagung manis, kopi, bubblegum, donat, dan lain sebagainya. Vapers biasanya cukup memilih 1-2 rasa saja, tidak perlu mengoleksi sampai 10 rasa. Selain lebih ekonomis, sering gonta-ganti rasa juga bisa bikin ngevape jadi kurang enak. Terlebih, aroma vape bisa jadi ciri khas vapers yang menentukan kepribadiannya lho.

Hal terakhir yang harus kamu ingat adalah rajin-rajin baca review, baik itu soal device maupun liquidnya. Jangan sampai kamu salah pilih device karena harganya tak murah. Kalau soal liquid sih, kamu masih bisa coba-coba sebelum menentukan liquid andalanmu. Nah, sudah siap ngebul nih?

1 komentar: