Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2019

Hal Yang Dipersiapkan Bagi Keluarga Muda


Hal Yang Dipersiapkan Bagi Keluarga Muda

Bagi anda yang baru membangun keluarga di usia muda, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga anda. Banyak hal yang harus diutamakan dalam hal mempersiapkannya, apalagi jika memiliki sumber penghasilan dari dua orang atau hanya kepala keluarga yaitu suami. Simak artikel berikut untuk mengetahui langkah awal dalam menentukan prioritas keluarga.

5 Poin Dalam Menentukan Prioritas Keluarga

1. Rumah

Harga rumah yang tiap tahun semakin mahal, bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk membeli rumah sebelum menikah. Apabila anda belum memiliki rumah saat menikah, anda bisa menyewa kos, apartemen, atau mengontrak untuk sementara waktu.

Sambil mengontrak atau menyewa apartemen, anda bisa sambil menabung untuk mengumpulkan uang membeli rumahdengan program KPR.

2. Asuransi

Di zaman sekarang ini, banyak asuransi jiwa murah yang menawarkan dengan berbagai keuntungan. Anda bisa memilah-milah secara selektif dalam memilih asuransi yang tepat dan terpercaya.

Asuransi sangat bermanfaat untuk anda dan keluarga, asuransi untuk anak misalnya yang berguna apabila anak anda sakit dan memerlukan perawatan inap, dan juga bisa meringankan beban anda dalam persoalan biaya.  

3. Kendaraan

Membeli kendaraan juga bisa menjadi pilihan bagi anda, karena dapat mengurangi pengeluaran. Tetapi dalam membeli kendaraan, anda juga harus memperhatikan keuangan anda, jangan sampai membeli kendaraan di luar kemampuan anda karena akan menyusahkan ada sendiri nantinya.

Kendaraan memang sangat diperlukan bagi anda yang sering beraktivitas keluar rumah, untuk menghemat waktu dan biaya juga.

4. Biaya pendidikan 

Biaya pendidikan juga harus diperhatikan bagi anda yang sedang mempersiapkan dana keluarga. Biaya pendidikan juga rata-rata naik setiap tahunnya,  apabila tidak dipersiapkan secara baik dikhawatirkan beresiko terhadap pendidikan anak anda nantinya.

5. Dana darurat

Untuk meminimalisir risiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda menyisihkan minimal 5% dari pendapatan bulanan anda. Dan sebaiknya dana itu tidak diambil apabila tidak terjadi keadaan darurat , sehingga bisa digunakan di masa mendatang.

Itulah beberapa poin penting yang bisa anda persiapkan dalam menentukan prioritas keluarga anda dalam bidang keuangan. Semoga artikel ini dapat membantu anda, dan dapat menjadi bahan pertimbangan anda dalam memulai langkah awal dalam menentukan prioritas.

0 komentar:

Posting Komentar