Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2019

Sepak Terjang Si Ninja Mengantar Barang


Sepak Terjang Si Ninja Mengantar Barang

Berdiri pertama kali di Singapura dengan nama Ninja Van, akhirnya Ninja Xpress resmi meluncur di Indonesia pada 1 Juni 2017. Ninja Xpress menawarkan tiga layanan pengiriman, yaitu layanan standar dengan waktu pengiriman bergantung pada lokasi pengirim dan penerima, Ninja Fast yang menjamin barang akan diterima keesokan harinya setelah pengiriman, dan Ninja Super yang menjamin barang diterima pada hari yang sama dengan pengiriman. Ninja Xpress hadir di Indonesia dalam rangka turut meningkatkan kualitas e-commerce Nusantara setelah sebelumnya hadir juga di negara lain, yakni Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Country Head Ninja Xpress, Indra Wiralaksmana mengatakan bahwa secara spesifik Ninja Xpress berfokus pada kemudahan, ketepatan waktu pengiriman, dan terutama efisiensi. Ditinjau dari segi biaya pengiriman, Ninja Xpress mengenakan tarif berdasarkan berat dan volumetrik, bukan kilometer yang ditempuh menuju tempat tujuan. Saat ini, perusahaan ekspedisi pengiriman berlogo ninja tersebut sudah menjalin kerjasama dengan banyak e-commerce seperti Berrybenka, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, Hijup, dan 4 e-commerce lainnya.

Ninja Xpress berkembang sangat pesat dengan memiliki 200 oultet di Jabodetabek yang bekerja sama dengan mitra melalui sistem franchise atau waralaba. Pemasaran Ninja Xpress dilakukan pada platform-platform media sosial seperti Instagram dan Facebook. Hal ini juga dimaksudkan agar para pengusaha online yang menggunakan kedua platform tersebut dapat lebih mengenal dan menggunakan jasa Ninja Xpress. Lebih lanjut lagi, Ninja Xpress memberi kesempatan berwaralaba bagi masyarakat di daerah Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Palembang. Kota-kota besar tersebut dikatakan berpotensi bagi bisnis jasa kurir karena pertumbuhan online shop di kota-kota tersebut juga sangat baik.

Daya saing Ninja Xpress di ranah ekspedisi pengiriman barang cukup baik, hal ini terlihat dari layanan yang ditawarkan untuk pelanggan. Mulai dari berbagai layanan pengiriman untuk menjangkau penerima dalam jangka waktu yang diinginkan seperti yang dijelaskan di atas, layanan bayar di tempat atau yang lebih sering disebut COD (Cash On Delivery), hingga layanan pengiriman internasional, sesuai dengan misi dari Ninja Van (perusahaan induk Ninja Xpress) yang ingin menghubungkan Asia Tenggara dengan dunia berbagai kemungkinan, melalui satu proses pengiriman yang menyenangkan secara sekaligus. Pelacakan secara real time juga ditawarkan Ninja Xpress sebagai layanannya sehingga memudahkan pengirim atau penerima mengetahui posisi barang yang dikirim. Akses pelacakan ini dapat dilakukan melalui situs web resmi Ninja Xpress dengan menggunakan ID yang didapatkan pelanggan.

Prestasi yang ditorehkan Ninja Xpress pun dikatakan baik. Pada 2018, jumlah reseller yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress mencapai angka 100 ribu pada penghujung tahun, selain itu Ninja Xpress telah memperluas jaringan pelayanannya hingga tingkat nasional pada Agustus 2018. Pada tahun ini, Ninja Xpress digadang-gadang sedang fokus pada branding di bidang jasa kurir Indonesia untuk mencapai jangkauan yang lebih besar, selain itu perusahaan ini juga menyasar pasar baru di bidang ritel. Ninja Xpress memiliki kelebihan pada spesifikasinya sebagai perusahaan ‘one to the point’ yang menggunakan moda transportasi darat sebagai alat pengiriman. Bahkan menurut Lai Chang Wen, CEO Ninja Van, layanan transportasi online sebenarnya merupakan rival Ninja Xpress. Kelebihan lain yang dimiliki Ninja Xpress adalah layanan reservasi penjemputan paket dan akses informasi paket yang akan dikirim yang bisa diakses 24 jam, sehingga proses pengiriman barang berlangsung cepat.

0 komentar:

Posting Komentar