Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2020

Pentingnya Filter Kolam dalam Menjaga Kejernihan Air dan Kesehatan Ikan


Kolam Ikan

Filter kolam ikan adalah alat yang dirancang untuk kepentingan sirkulasi air kolam ikan. Filter pada kolam ikan ini memiliki Bentuk yang bervariasi, mulai dari yang berukuran besar sampai kecil. Atau bahkan ada yang menggunakan daya listrik dan juga ada yang tidak.

Jika kita Memelihara ikan di kolam itu berarti kita juga harus memelihara air. Menjaga kualitas air menjadi salah satu faktor utama dalam memelihara ikan. Sistem yang menjaga kualitas air tetap aman untuk ikan hidup adalah sistem filter kolam ikan.

Pentingnya filter kolam dalam menjaga kejernihan air dan kesehatan ikan sangat penting keberadaannya, bahkan vital. Kolam yang tidak memiliki sitem filter yang memadai, biasanya ikannya akan sering mati dan menimbulkan penyakit. Nah berikut ini beberapa alasan, kenapa filter kolam itu sangat penting.

Menjaga Kejernihan Air Kolam

Banyak sekali orang yang mengeluh saat memelihara ikan, salah satunya karena kolam yang keruh, air kolam yang bau, air yang berbusa, ikan yang mudah berjamur dll yang kesemuanya itu terletak pada satu permasalahan yaitu filter kolam yang tidak epektive, dan hasil dari sistem filter yang tidak efektive tersebut berdampak pada kejernihan air salah satunya.

Menjaga Kualitas Air untuk Ikan

Ikan hias atau ikan apapun pastinya sangat membutuhkan tempat hidup yang sehat dan nyaman dan yang jelas kalau untuk ikan, kualitas air yang akan membuat mereka sehat dan selalu indah untuk kolam kita. 

Menjaga kualitas air di perlukan untuk kolam dan bagaimana menjaga kualitas air agar tetap baik? nah ini dia betapa pentingnya filter kolam ikan yang baik untuk kita miliki. filter mampu menjaga kejernihan air, kualitas air baik dari PH, bakteri dan amonia mampu di stabilkan dengan sistem filter yang baik dan tentunya dengan media yang tepat.

Menjaga Kesehatan Ikan

Apakah iya filter pada kolam akam membuat ikan menjadi lebih sehat? pertanyaan ini mungkin terbersit bagi para penikmat kolam yang belum memahami fungsi filter yang ketiga ini. 

Kesehatan ikan bukan hanya berasal dari segi makannya saja dan untuk kolam, pemberian makan bisa menjadi masalah, kenapa demikian? jika air tidak tersaring dengan filter dan media yang tepat, makanan yang berlebihan dapat mengendap di dalam kolam yang dapat menimbulkan aroma yang kurang sedap dan air keruh tentu inipun bisa menjadi penyakit untuk ikan ikan kita.

jika kotoran dari hasil makanan ikan tersebut tidak tersaring bisa kemungkinan besar air keruh dan air yang tidak sehat untuk ikan, oleh karnanya filter yang baik dapat menjaga kesehatan ikan.

Nah, itulah beberapa manfaat penting dari filter kolam ikan yang perlu kamu ketahui. Untuk hasil yang lebih baik, kamu juga perlu memperhatikan hal lain seperti, kedalaman kolam dan sedikit naungan untuk ikan.

Kedalaman yang disarankan minimum adalah 1.2 meter, namun jauh lebih baik untuk memberi ikan kamu 1.8 meter atau bahkan kolam setinggi 2.4 meter. Ini akan memastikan ikan kamu terlindungi dari binatang liar, kucing dan hewan lain yang menyukai makan ikan.

Selain itu, pilihlah lokasi yang tepat, pastikan itu tidak terkena sinar matahari langsung. Memiliki tanaman air seperti lili air di kolam kamu adalah ide bagus, karena tidak hanya menambah keindahan pada keseluruhan desain kolam, tapi juga memberi keteduhan untuk ikan. Dianjurkan untuk tidak membangun kolam ikan kamu di bawah pepohonan. Karena membersihkan kolam ikan dari daun yang gugur sangat merepotkan dan tidak menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar