Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2020

Rabu, 08 April 2020

4 Alasan Pengajuan Kredit Mobil Ditolak


Pengajuan Kredit Mobil Ditolak

Mempunyai kendaraan pribadi tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain memudahkan kebutuhan akomodasi, memiliki kendaraan dari promo terbaru mobil Mitsubishi tentu akan menguntungkan Anda secara ekonomi. 

Salah satu opsi membeli kendaraan yang akhir-akhir ini ramai digunakan pembeli adalah metode kredit atau cicil. Alasannya ialah dengan mencicil, pembeli tidak perlu mengeluarkan dana dalam jumlah besar sekaligus. Namun, tidak semua permintaan cicil calon pembeli diterima oleh penjual. Sebenarnya, apa sih yang membuat pengajuan kredit mobil ditolak? Simak penjelasannya berikut.

1. Masuk dalam daftar Blacklist BI Checking

Alasan paling masuk akal yang bisa terjadi karena kredit Anda ditolak oleh perusahaan pembiayaan adalah karena nama Anda masuk ke dalam daftar Blacklist BI Checking. Saat mengajukan kredit, data transaksi keuangan Anda di bank akan diteliti terlebih dahulu oleh perusahaan pembiayaan melalui riwayat BI. Bila Anda memiliki riwayat yang jelek dalam hal membayar angsuran pada tagihan-tagihan lain, atau pernah menunggak, maka nama Anda otomatis masuk ke daftar hitam mereka. Dengan demikian, pengajuan kredit Anda pasti ditolak.

2. Penghasilan Anda di bawah ketentuan

Selain terkena blacklist BI Checking, pengajuan kredit Anda yang ditolak mungkin karena Anda memiliki penghasilan yang belum sesuai standar ketentuan perusahaan tersebut. Saat akan mengajukan kredit, Anda biasanya akan diminta menghitung dan mengkalkulasi jumlah pemasukan dalam satu bulan. Selain itu, Anda juga akan diminta mengisi daftar pengeluaran per bulan. Jika pihak kredit menilai penghasilan Anda kurang, maka Anda sudah pasti akan mengalami penolakan.

3. Persyaratan tidak lengkap

Ketiga, hal yang mungkin terjadi adalah adanya ketidaklengkapan syarat pengajuan kredit Anda. Saat mengajukan kredit, perusahaan pembiayaan tentu akan meminta beberapa syarat pengajuan seperti dokumen lengkap, survei, dan bisa juga syarat-syarat lainnya. Nah, Anda yang tidak bisa memenuhi salah satu di nya mungkin saja mendapat penolakan.

4. Sikap tidak kooperatif

Saat dalam proses pengajuan kredit, bisa jadi ada sikap Anda yang tidak kooperatif. Faktor ini juga bisa menjadi alasan mengapa kredit Anda ditolak. Pasalnya, sikap Anda membuat pihak perusahaan tidak percaya dan khawatir akan adanya masalah di kemudian hari.

Demikian ulasan mengenai alasan pengajuan kredit mobil Anda ditolak. Upayakan untuk tidak melakukan hal-hal di atas, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar