Sharing Informasi | Pribadi | Publik | 2020

Minggu, 06 Desember 2020

5 Tips Mengajarkan Storytelling Dalam Rangka Menumbuhkan Indonesia Cinta Membaca


Ada begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh hanya dengan membaca berbagai jenis buku. Salah satu manfaatnya ialah menumbuhkan kemampuan storytelling. Keterampilan ini sangat bermanfaat untuk semua orang khususnya anak anak. Agar kemampuan ini semakin tumbuh, simak tipsnya sebagai kontribusi tingkatkan Indonesia cinta membaca.

Mengulik Tips Mengajarkan Storytelling Pada Anak

1. Mengenalkan Buku Bacaan Yang Berkualitas

Sebuah buku dapat dikatakan berkualitas apabila isi dari buku tersebut memuat pesan yang bermanfaat untuk pembacanya. Dalam mengajarkan storytelling pada anak, usahakan memilih buku yang sesuai kategori dengan umur mereka. Jika buah hati anda masih berusia dini, pilihlah buku dongeng dengan gambar menarik beserta bahasa yang mudah di cerna.

Adanya gambar yang menarik dapat membuat si kecil tidak mudah merasa bosan. Justru mereka akan semakin tertarik untuk mengetahui isi halaman selanjutnya. Saat menceritakan buku yang anda pilih, usahakan untuk menggunakan nada atau intonasi semenarik mungkin. Hal demikian akan membuat buah hati lebih tertarik untuk menciptakan momen baca bersama.

2. Biasakan Mendongeng Untuk Anak
 
5 Tips Mengajarkan Storytelling Dalam Rangka Menumbuhkan Indonesia Cinta Membaca

Pada dasarnya, anak anak akan merekam segala hal yang orang tuanya lakukan. Inilah alasan mengapa anak anak disebut sebagai peniru yang baik. Jika anda sudah mengetahui hal demikian, usahakan untuk menunjukkan sikap sikap baik agar mereka menirunya. Salah satunya membiasakan diri untuk selalu membacakan dongeng kepada anak.

Jika setiap harinya anda membacakan dongeng, lama kelamaan anak anak akan menirukan gestur tubuh, gaya bicara, hingga nada yang anda lakukan saat mendongeng. Hal demikian bisa menjadi upaya besar dalam mengajarkan story telling pada anak. Salah satu waktu yang tepat untuk mendongeng ialah sebelum tidur. Di waktu ini kemampuan mengingatnya akan meningkat.

3. Biarkan Si Kecil memilih Buku Sendiri

Momen baca bersama merupakan momen yang sangatlah berharga. Namun sebagai orang tua, tentu anda pasti menginginkan yang terbaik untuk anak. Namun apa yang menurut anda baik, belum tentu dianggap demikian oleh sang anak. Jadi, berilah kesempatan kepada mereka untuk memilih buku sendiri. Dengan demikian, mereka akan lebih tertarik untuk membaca buku kesukaan.

4. Berikan Kesempatan Bercerita Untuk Anak

 
5 Tips Mengajarkan Storytelling Dalam Rangka Menumbuhkan Indonesia Cinta Membaca

Dalam mengajarkan storytelling, sebagai orang tua anda tak harus melulu menceritakan buku. Berilah kesempatan bagi anak untuk menceritakan isi buku yang mereka baca. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengasah dan memaksimalkan keterampilan membaca. Minta mereka menceritakan kesimpulan dari isi buku yang telah dibaca sebelumnya.

Setelah sang buah hati selesai bercerita, jangan lupa untuk memberikan apresiasi yang mendukung program Indonesia cinta membaca. Anda bisa mengatakan bahwa, anda sangat tertarik ketika mendengar kisah yang diceritakannya. Dengan demikian, sang anak akan merasa bangga kepada dirinya. Kemudian, si kecil akan lebih tertarik membaca buku lainnya.

Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Di samping menambah wawasan, membaca buku juga dapat menumbuhkan kemampuan storytelling pada anak. Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. 

Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca jangan lupa Moms jg bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget,Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. 

Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar